Rekor Pertemuan Timnas Sepakbola Indonesia versus Malaysia Dalam Ajang Piala AFF

infodejava | 19:56 | 0 komentar

Langkah Indonesia menuju tahta juara Piala AFF ( SUZUKI CUP) tinggal selangkah lagi. Pasukan garuda hanya perlu melewati hadangan dari Malaysia pada babak final yang di helat di stadion bukit djalil dan stadion gelora bung karno . Melihat dari sejarah pasukan merah putih layak untuk di unggulkan mengalahkan Malaysia .  
Dari 8 kali edisi Piala AFF sejak bergulir pada tahun 1996, Indonesia dan Malaysia sudah 5 kali berhadap-hadapan di kompetisi yang dulu dikenal dengan nama Piala Tiger tersebut. Dari sepanjang pertemuan kedua tim, kita boleh sedikit bangga karena kita lebih unggul sedikit daripada negara tetangga itu. Garuda Merah Putih membukukan rekor 3 kali kemenangan, dan 2 kali kalah, dan tidak pernah terjadi seri dalam pertemuan kedua negara itu. Dalam perolehan gol, Malaysia hanya mampu membukukan 7 gol, sedangkan Indonesia sudah mencetak 12 gol dan 2 di antaranya dibantu gol bunuh diri pemain lawan mereka tersebut. Berikut head to headIndonesia kontra Malaysia di Piala AFF:
Piala AFF 1996, Singapura
13 September 1996, Semifinal, Malaysia 3-1 Indonesia
Tim nasional Indonesia yang bermaterikan alumni Primavera, Italia begitu hebat di tahun ini. Mereka lolos sebagai juara grup setelah sebelumnya menghancurkan Laos 5-1, Kamboja 3-0 dan Myanmar 6-1. Namun, antiklimaks terjadi pada Kurniawan dwi yulianto dan kawan-kawan, dalam partai semifinal yang berlangsung di National Stadium, Singapura itu mereka dikalahkan Malaysia dengan skor telak 3-1. Bahkan tim kita tak mampu mencetak gol dalam laga itu, 1 gol untuk Indonesia tercipta karena gol bunuh diri pemain Malaysia, Azmil.
Pila AFF 2002, Indonesia-Singapura
27 Desember 2002, Indonesia 1-0 Malaysia
Tampil sebagai tuan rumah bersama Singapura, mampu dimanfaatkan Garuda Merah Putih untuk lolos ke babak berikutnya dengan status sebagai juara grup. Indonesia harus bersua lagi dengan Malaysia di semifinal. Gol tunggal Bambang Pamungkas di menit ke 75 membuat Merah Putih mampu membalaskan dendam mereka dengan mengalahkan Malaysia di Gelora Bung Karno, Jakarta. Sayang di partai final yang merupakan ulangan dari Piala AFF edisi sebelumnya itu, Indonesia harus kalah secara menyakitkan melalui drama adu penalti dengan Thailand.
Pila AFF 2004, Vietnam-Malaysia
Sejak pagelaran Piala AFF tahun ini, format semifinal dan final dilaksanakan dengan sistem home and away.
28 Desember 2004, Semifinal Pertama, Indonesia 1–2 Malaysia
Indonesia lagi-lagi lolos sebagai juara grup setelah sempat mencatatkan rekor kemenangan fantastis atas Kamboja 8-0. Dalam semifinal pertama yang berlangsung di Gelora Bung Karno, Jakarta, Indonesia tampil menggebrak sejak menit-menit awal dan mampu unggul cepat di menit ke 6 melalui gol Kurniawan Dwi Yulianto. Namun, secara mengejutkan Malaysia mampu membalikkan keadaan dan Garuda Merah Putih harus rela dipecundangi dengan skor 1-2.
3 Januari 2005, Semifinal Kedua, Malaysia 1–4 Indonesia
Harapan Indonesia untuk tampil di final kian berat, sebab dalam laga away yang berlangsung di National Stadium, Bukit Jalil tim Merah Putih terlebih dahulu tertinggal dengan gol Muhamad Khalid Jamlus di menit ke 28. Namun, dilecut semangat ingin membalas kekalahan di laga kandang sebelumnya, Indonesia yang saat itu ditukangi Peter White tampil menggila usai gol tersebut. Tim tamu mampu membalas sakit hati mereka dengan gol yang diciptakan oleh Kurniawan, charis yulianto, Ilham Jaya Kusuma serta gol penutup dari boas sallosa
Piala AFF 2010, Indonesia-Vietnam
1 Desember 2010, Penyisihan Grup, Indonesia 5-1 Malaysia
Meski bermain di Gelora Bung Karno, Jakarta Garuda Merah Putih sempat tertinggal terlebih dahulu melalui Norshahrul Idlan saat laga memasuki menit ke 18. Namun, gol bunuh diri Malaysia serta gol Cristian Gonzales membuat seteru abadi Indonesia itu kocar-kacir dan Indonesia pun dengan ganas membungkam tamu mereka itu dengan skor telak 5-1.

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 komentar