Mengatasi Iritasi Mata Karena Alergi Lensa Kontak / Soft lens

infodejava | 12:32 | 1 komentar


Mengatasi Iritasi Mata Karena Alergi Lensa Kontak  / Soft lens - Pemakaian soft lens / lensa kontak memang dapat memperindah serta mempercantik penampilan.
Namun apa jadinya jika mata kita tidak bersahabat dengan soft lens yang kita pilh, terkadang hal tersebut dapat mengakibatkan iritasi maupun alergi pada mata. oleh karene itu, berikut merupakan beberapa tips memilih lensa kontak yang harus kita ketahui sebelum memutuskan untuk memakai lensa kontak

  1. Periksakan ke dokter mata. Ada beberapa kondisi (kontra indikasi) yang membuat seseorang sama sekali tak boleh memakai lensa kontak. Misalnya, alergi atau infeksi yang masih aktif atau reflek mengedip terganggu (penderita belspalsi atau kelumpuhan pada syaraf wajah), sehingga mata cenderung kering.
  2. Lensa kontak yang cocok. Dokter akan menentukan lensa kontak yang cocok, tergantung kondisi mata, air mata, dan tujuannya. Jika memilih soft lens, biasanya dokter menyarankan dari jenis daily disposable.
  3. Periksa mata dan lensa 6 bulan sekali. Jika ada tanda-tanda masalah, disarankan untuk mengubah lensa atau mengatur ulang jadwal pemakaian lensa kontak.
  4. Jangan sembarangan membeli. Jauh lebih baik membeli lensa kontak disertai resep dokter agar fitting lebih pas dan tak mengakibatkan komplikasi.
  5. Minus terbatas. Dari produsennya, lensa kontak RGP biasanya dibatasi hingga minus 25,sementara soft lens hanya tersedia sampai minus 10.
  6. Komplikasi akibat soft lens berwarna. Bagi mata sensitif, warna pada soft lens bisa menyebabkan iritasi. Secara umum, soft lens berwarna hanya bagus dipakai bagi mata normal untuk menunjang penampilan. “Penggunanya harus mentaati kaidah-kaidah pemakaian lensa kontak dan memeriksakan mata secara berkala. Jika tak nyaman, soft lens harus segera dilepas.”
  7. Waspadai mata merah. Termasuk mata gatal, mata berair, rasa tak nyaman, mata sakit, dan tajam penglihatan menurun, segeralah lepas lensa kontak dan periksakan kedokter mata.
  8. Bersihkan. Cara membersihkan RGP sama dengan soft lens, hanya cairannya saja yang berbeda. Saat ini banyak cairan all in one, sekaligus pencuci, perendam, desinfektan, hingga lubrikan. Untuk mata sensitif dapat diganti dengan pembilas tanpa bahan pengawet. 
  9. terima kasih telah membaca artikel
Mengatasi Iritasi Mata Karena Alergi Lensa Kontak  / Soft lens

    Category:

    About GalleryBloggerTemplates.com:
    GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

    1 comment:

    1. Tip dan artikel yang sangat menarik. jadi membantu aku mengatasi masalah yang sering timbul disaat pakai softlens. Ini yang aku cari.

      Nah, buat kamu yg mau beli Softlens yang cantik tapi juga sehat, klik disini --> SOFTLENS

      Kamu bisa beli softlens retail, grosir, reseller, dropship, sampai COD juga dilayani.
      Yuk sis mampir :)

      ReplyDelete